Komposisi dalam fotografi sangat penting. Ketika Anda melihat sekeliling Anda, bidang penglihatan Anda sepertinya tidak memiliki bingkai. Apa yang tidak Anda lihat hanya menjadi terlihat ketika Anda memutar leher Anda. Ini berbeda dalam fotografi. Anda terikat oleh bingkai persegi panjang yang rapat. Oleh karena itu, penting untuk memikirkan dengan hati-hati tentang apa yang masuk dan tidak masuk dalam kerangka ini. Dengan cara ini, Anda dapat menyusun komposisi. Untuk menentukan hal ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

  • Tema

Subjek Anda adalah hal terpenting yang harus terlihat dalam bingkai Anda. Oleh karena itu, tanyakan pada diri Anda sendiri dengan cermat siapa atau apa subjek Anda. Foto tanpa subjek yang jelas tidaklah menarik dan tidak akan lama menarik perhatian Anda.

  • Memposting subjek Anda

Banyak fotografer pemula menempatkan subjek mereka di tengah bingkai. Ini sederhana dan aman. Anda tidak terlalu tertantang saat melihat foto tersebut, sehingga perhatian Anda tidak akan berlama-lama.

Gunakan rasio emas untuk membuat foto Anda lebih menarik. Ini adalah distribusi garis di mana subjek Anda berada di salah satu garis yang berpotongan. Saat Anda menempatkan subjek Anda di sana, pemirsa memiliki ruang untuk melepaskan sisa gambar. Foto Anda dapat dibaca sebagaimana adanya.

  • Latar depan dan latar belakang

Jika Anda tidak melihat melalui lensa, subjek Anda mudah dikenali. Otak Anda memberi perhatian paling besar untuk ini, lingkungan lainnya adalah yang kedua. Dalam konteks ketat jendela bidik Anda, penting untuk memilih latar depan dan latar belakang secara sadar. Pastikan mereka tidak membutuhkan lebih banyak perhatian daripada subjek Anda. Lakukan ini misalnya dengan mengambil langkah ke kiri atau kanan sehingga pohon tidak berada tepat di belakang subjek Anda.

  • Melihat arah dan ruang pandang

Setiap subjek, orang, bangunan, dan objek, memiliki arah pandang. Anda biasanya merasa intuitif tentang arah tampilan ini. Berikan ruang paling banyak di sisi arah tampilan. Jika subjek Anda terlihat terlalu dekat ke tepi bingkai, rasanya sama seperti jika seseorang tidak melihat Anda selama percakapan.

  • Cakrawala

Penempatan cakrawala penting untuk suasana foto. Cakrawala yang berada tepat di tengah dapat dengan cepat menjadi membosankan. Cobalah untuk mengambil cakrawala rendah atau sangat tinggi. Anda akan melihat bahwa ini memberi foto Anda tampilan yang sama sekali berbeda.

Semoga dengan memperhatikan beberapa hal diatas dapat menentukan komposisi foto Anda menjadi lebih baik untuk memotret sesuatu.

Avatar

By Desta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *