Salah satu momok yang paling sering dihadapi oleh perusahaan adalah menemukan calon pekerja berkualitas. Agar perusahaan bisa mendapatkan kandidat pekerja sesuai dengan yang mereka butuhkan, penggunaan hiring tools terbaik bisa membantu mewujudkan keinginan perusahaan.

Teknologi untuk Membantu Perusahaan dalam Proses Rekrutmen

Penggunaan teknologi dewasa ini sangat membantu pekerjaan perusahaan khususnya bagian Human Resource Development dalam menemukan talenta yang mereka butuhkan. Berikut beberapa teknologi berbasis Artificial Intelligence yang ditujukan untuk menemukan kandidat pekerja:

1. Teknologi Chatbots

Teknologi chatbots merupakan salah satu inovasi terkini untuk mengefisienkan dan memudahkan aktivitas perekrutan kandidat pekerja. Teknologi chatbots bertugas untuk mengotomatisasi interaksi antara recruiter dengan kandidat sehingga pekerjaan tim recruiter menjadi lebih mudah dan efisien.

Nantinya, tim recruiter tidak perlu selalu stand by di depan komputer untuk menjawab setiap pertanyaan yang masuk dari kandidat pekerja. Untuk pertanyaan umum, teknologi chatbots bertugas untuk menyediakan jawaban atau memberi
respon sesuai pertanyaan kandidat.

Komunikasi cepat dan tepat sasaran dari teknologi chatbots mampu meningkatkan candidate experience sehingga menurunkan terjadinya konflik antara kandidat dengan pihak perusahaan.

2. Crowdsource Recruitment

Teknologi Crowdsource Recruitment bekerja untuk membantu mempercepat proses menyaring calon kandidat yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan. Tim recruiter nantinya cukup memasang iklan lowongan pekerjaan di portal lowongan kerja yang ada di internet untuk menarik calon kandidat potensial.

Penggunaan teknologi Crowdsource Recruitment nantinya juga dapat mempercepat proses penyaringan calon kandidat secara otomatis menggunakan teknologi berbasis Artificial Intelligence.

Teknologi Crowdsource Recruitment akan menyaring calon kandidat berdasarkan data yang mereka inputkan di portal lowongan kerja seperti jurusan, usia, nilai dan sebagainya. Selain menguntungkan pihak perusahaan, teknologi Crowdsource Recruitment akan memberikan transparansi seleksi ke kandidat.

3. Application Tracking System (ATS)

Jika berbicara mengenai teknologi untuk mencari kandidat pekerja yang paling populer digunakan saat ini, maka teknologi Application Tracking System (ATS) jawabannya. ATS banyak digunakan perusahaan untuk mengefisienkan dan mempercepat proses rekrutmen sejak tahap awal pembukaan lowongan kerja.

Tim recruiter dari perusahaan akan mengirimkan iklan pembukaan lowongan kerja ke berbagai situs yang khusus menampilkan lowongan kerja dari berbagai perusahaan. Selanjutnya dengan teknologi ATS, email notifikasi akan dikirimkan secara otomatis ke setiap pelamar kerja yang sudah melakukan pendaftaran.

4. Teknologi Online Assessment

Selain menerapkan teknologi dalam menarik calon kandidat di awal pembukaan lowongan kerja, perusahaan juga bisa mengaplikasikan teknologi dalam tahap penilaian atau assessment. Teknologi online assessment bekerja untuk menilai keterampilan dan karakteristik para kandidat sesuai data yang diinput.

Nantinya teknologi online assessment akan memberikan skor penilaian kandidat berdasarkan ujian yang dijalani calon pelamar kerja. Penggunaan teknologi ini sangat membantu kandidat untuk memperoleh penilaian adil tanpa bias dari tim recruiter.

Penerapan Software Berbasis AI untuk Mengefisienkan Perekrutan

Penggunaan software berbasis kecerdasan buatan atau AI sangat membantu memudahkan tim recruiter dalam menyeleksi kandidat terbaik yang dibutuhkan perusahaan. Hiring Tools Shortlyst adalah solusi bagi setiap perusahaan yang ingin mendapatkan calon pekerja terbaiknya.

Tools Shortlyst bekerja menggunakan algoritma AI yang didesain sangat efisien dan cerdas. Di dalam tools Shortlyst terdapat lebih dari 600 juta profil kandidat pekerja yang tersebar di seluruh dunia. Tools Shortlyst nantinya akan mengintegrasikan seluruh profil kandidat yang berasal dari LinkedIn, WhatsApp, dan email.

Shortlyst dapat memberikan rekomendasi penilaian yang tepat berdasarkan data profil kandidat yang tersebar di berbagai platform. Untuk bisa menggunakan tools Shortlyst, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya yang sangat terjangkau.

By Desta

Leave a Reply

Your email address will not be published.