Anjuran menjaga lingkungan yang semakin urgen mendorong pemerintah mengeluarkan berbagai kebijakan. Salah satunya pemakaian Pertamax, jenis bahan bakar minyak (BBM) yang dianggap lebih ramah lingkungan dibandingkan yang lain.

Edukasi pemakaian Pertamax pada masyarakat

Walau BBM Pertamax dinilai cukup bersabahat dengan lingkungan, membimbing masyarakat untuk menggantinya bahan bakar tetap membutuhkan edukasi. Dalam hal ini, Putut Adriatno, Manajer Retail PT Pertamina (persero) MOR II, mengungkapkan pihaknya terus memperluas program biru. Langkah tersebut bertujuan untuk menurunkan emisi gas buang kendaraan dan pencemaran udara.

Pemakaian Pertamax dengan angka RON yang sesuai bukan hanya menjaga lingkungan dari emisi karbon kendaraan. Mesin kendaraan Anda pun akan bekerja lebih optimal tanpa menurunkan performanya. Oleh karena itu, Pertamina gencar melakukan sosialisasi BBM Pertamax kepada pemilik kendaraan roda dua, tiga, hingga kendaraan publik berplat kuning.

Perlu diketahui BBM Pertamax yang Pertamina sediakan mempunyai nilai oktan 92. Artinya, bahan bakar tersebut menghasilkan pembakaran sempurna, minim residu, dan dapat mencegah munculnya korosi pada mesin. Pertamina juga berencana mengeluarkan Peramax Turbo dengan RON 98 yang mampu meningkatkan kecepatan dan akselerasi kendaraan.

Keunggulan Pertamax dibandingkan BBM lain

Ramah lingkungan bukan satu-satunya keunggulan yang dimiliki Pertamax. Ada alasan-alasan lain yang membuatnya lebih unggul dari bahan bakar lain, di antaranya:

  • Molekul bersifat anti-detonasi. Dengan nilai oktan 92, BBM Pertamax sudah menempatkan dirinya di atas Premium dan Pertalite. Angka ini juga menunjukkan bahwa bahan bakar tersebut memiliki molekul bersifat anti-detonasi. Artinya, BBM Pertamax mampu menahan kompresi tinggi, terutama pada spek mesin berasio 10:1 sampai 11:1;
  • Cocok untuk mesin berinjeksi. BBM Pertamax direkomendasikan untuk kendaraan dengan mesin EFI atau sudah berinjeksi. Sistem tersebut mendukung kendaraan, baik motor maupun mobil, untuk menggunakan bahan bakar secara efisien. Dengan begitu, emisi yang dihasilkan lebih rendah tanpa menurunkan power kendaraan;
  • Sudah dibekali teknologi ecosave. Teknologi ecosave dalam Pertamax adalah etergency yang dapat membersihkan bagian dalam mesin, termasuk ruang bakar yang menghasilkan pembakaran. Beralih ke bahan bakar ini pun secara tak langsung menekan biaya yang Anda keluarkan untuk servis ke bengkel;
  • Menjaga kemurnian bahan bakar. Apa Anda memakai bahan bakar dengan campuran air? BBM Pertamax akan menjaga kemurniannya, sehingga pembakaran dalam mesin bisa lebih optimal. Sifat antioksidan yang terkandung di dalamnya pun akan menangkal BBM Pertamax yang sudah beroksidasi, sehingga tangki kendaraan tak akan dipenuhi air.

Demikian informasi seputar BBM Pertamax beserta fungsi dan keunggulannya sebagai bahan bakar kendaraan. Dengan membaca artikel ini, Anda yang punya kendaraan diharapkan memikirkan ulang pemakaian bahan bakar untuk kemudian mengedukasi orang-orang terdekat seputar kegunaan dari Pertamax.

Avatar

By Desta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *