Merancang konten orisinal dan diminati penonton tak dipungkiri membantu video yang Anda unggah di Youtube mendapatkan view organik. Namun, ada faktor-faktor lain yang sebaiknya Anda optimalkan juga, sehingga video punya view yang naik secara signifikan, terutama kalau Anda sudah memakai layanan jam tayang Youtube.

Ingin video Anda masuk ke daftar trending di Youtube? Simak langkah-langkah ini untuk mendongkrak jumlah view tanpa dianggap sebagai spam oleh platform tersebut.

  1. Optimasi kata kunci dan judul video
    Kata kunci atau keyword memegang peran penting dalam optimasi, termasuk untuk video. Anda bisa merisetnya terlebih dulu menggunakan tools semacam Google Keyword Planner untuk mengumpulkan keyword berkualitas. Sehingga saat user memasukkan kata kunci di mesin pencari, video Anda bakal langsung muncul di ranking teratas laman pencarian. Begitu pula dengan judul yang akan diberikan. Pastikan panjangnya tak lebih dari 40 sampai 50 karakter.
  2. Berikan deskripsi video yang menarik
    Memberikan deskripsi yang tepat dan menarik adalah salah satu cara menambah view Youtube yang sayangnya masih diabaikan banyak orang. Padahal dari deskripsi, Anda bisa memberikan gambaran sekaligus mengundang viewers untuk menyaksikan video secara keseluruhan. Panjang deskripsi video tak perlu terlalu panjang, maksimal 150 kata saja sudah cukup. Buka dengan intro yang langsung memicu ketertarikan, lalu tutup dengan tautan yang mengarah ke video tersebut.
  3. Pakai formula MVC untuk tag video
    Selain deskripsi dan kata kunci, tag adalah bagian penting dari SEO Youtube yang sebaiknya Anda tampilkan untuk memudahkan pencarian. Bukan hanya itu, menambahkan tag bisa membantu layanan jam tayang Youtube untuk memaksimalkan jasanya. Lalu, bagaimana cara menempatkan tag yang tepat? Gunakan formula MVC, yakni menempatkan main keyword, variation berupa kata kunci LSI atau sekunder, dan category untuk mengelompokkan video Anda.
  4. Pasang custom thumbnail yang mengundang
    Pernahkah Anda menyesal membuka video di Youtube karena isi konten dan thumbnail-nya kurang sesuai? Hindari clickbait seperti ini dengan memasang custom thumbnail yang mewakili konten video tersebut. Gunakan warna-warna dominan seperti merah, hijau, biru, atau oranye untuk menarik atensi user. Anda yang kurang lihai dalam mendesain bisa memanfaatkan platform seperti Canva yang sudah menyediakan template untuk thumbnail video Youtube.
  5. Susun playlist video di Youtube
    Cara menambah video video Youtube berikutnya yang sedang adalah menyusun plyalist khusus. Langkah ini bertujuan mencegah user pindah ke kanal lain setelah menyaksikan video Anda. Cara membuatnya cukup mudah, yaitu emmakai layout horizontal yang akan membuat thumbnail video lebih mengesankan. Anda hanya perlu memilih opsi Horizontal Row yang berada pada tombol Customize Channel untuk mengubah tampilan tersebut.
  6. Giring trafik memakai cards dan end screens
    Opsi alternatif selain playlist yang dapat menghasilkan view organik paa video adalah memakai fitur cards beserta end screens. Kalau Anda belum tahu, cards adalah fitur yang bakal menampilkan daftar video lain. Sementara end screens merupakan fitur yang akan memperlihatkan thumbnail dari video, kanal, atau website lain di akhir video. Dengan begitu, user akan terus menyaksikan video lain yang secara tak langsung menambah views.

Seperti yang disinggung, Anda bisa memaksimalkan cara-cara di atas dengan layanan jam tayang Youtube yang profesional untuk mendapatkan hasil sesuai ekspektasi tanpa mengecewakan user yang mampir ke kanal Anda.

By Desta

Leave a Reply

Your email address will not be published.