Saya yakin Anda bertanya-tanya setidaknya beberapa kali ketika mengisi, apakah layak menghabiskan lebih banyak bahan bakar premium. Sebagian besar pengemudi memilih untuk mengabaikan premi dan menggunakan bensin tanpa timbal reguler yang lebih murah. Tapi apakah Anda pernah bertanya-tanya apa sebenarnya perbedaan antara oktan yang berbeda?

Sebagian besar SPBU menawarkan tiga tingkat oktan yang berbeda:

  • 87 – Reguler
  • 89 – Kelas menengah
  • 91 hingga 93 – Premium

Peringkat oktan, menurut Exxon Mobile, mengukur kemampuan bahan bakar untuk menahan ketukan mesin, atau ping. Semakin tinggi oktan, semakin besar resistensi bahan bakar terhadap ping selama pembakaran. SPBU tertentu mungkin menawarkan hingga lima peringkat oktan yang berbeda. Tempat lain mungkin menyebut kelas menengah mereka “plus” atau “spesial” dan premium mereka “super”. Jika uraiannya membingungkan Anda, lihat saja level oktannya.

Manfaat Gas Tanpa Timbal Reguler

Manfaat terbesar tunggal menggunakan gas tanpa timbal biasa adalah penghematan biaya. Gas biasa biasanya berharga sekitar 30 sen lebih murah per galon daripada premium. Sepanjang tahun, tergantung pada seberapa sering Anda mengisi, itu dapat menghasilkan penghematan yang signifikan.

Ketika berbicara tentang efektivitas gas biasa, Komisi Perhubungan mengatakan tidak ada keuntungan menggunakan gas premium di mobil yang tidak memerlukannya. FTC menyatakan bahwa menggunakan oktan yang lebih tinggi pada mobil yang tidak memerlukannya tidak akan menghasilkan jarak tempuh yang lebih baik atau membuat mobil berjalan lebih bersih atau lebih cepat.

Anda dapat menemukan gas yang direkomendasikan atau diperlukan untuk mobil yang Anda beli atau sewa di buku manual pemilik. Saat ini di sebagian besar mobil yang lebih baru, sistem kontrol mesin dapat mengimbangi oktan rendah dengan memantau aktivitas ketukan dan menyetel gerak maju pengapian untuk menghindari ketukan. Pada dasarnya, mobil canggih saat ini dapat secara efektif menyetel mesin mereka dengan cepat.

Kapan Mempertimbangkan Gas Kelas Menengah

Kelas menengah terletak di antara reguler dan premium. Ada sangat sedikit mobil yang membutuhkan atau merekomendasikan bensin kelas menengah. Orang yang mobilnya membutuhkan premium, kadang-kadang akan menggunakan kelas menengah untuk menghemat uang tetapi masih menggunakan bensin yang oktannya lebih tinggi daripada biasa.

Gas Premium – Apakah Itu Sepadan dengan Biayanya?

Negara bagian yang berbeda memiliki peraturan yang berbeda mengenai apa yang mewakili premium, biasanya dimulai pada 91 dan berlanjut ke 93. Satu-satunya mobil yang membutuhkan gas premium, adalah mobil dengan mesin kompresi tinggi atau turbocharged, untuk mencegah mesin knocking. Jika mobil Anda tidak memerlukan penggunaan premium atau memiliki mesin kompresi rendah, maka tidak ada manfaat menggunakan premium.

Mesin dengan kompresi lebih tinggi membutuhkan oktan yang lebih tinggi agar bahan bakar tidak menyala terlebih dahulu dalam proses pembakaran dan merusak motor. Oktan memperlambat dan mengontrol detonasi bahan bakar selama kompresi dan detonasi bahan bakar. Semoga bermanfaat !!

By Desta

Leave a Reply

Your email address will not be published.