Apakah kamu salah satu orang yang memiliki kebiasaan minum susu sebelum tidur ? Ternyata banyak lho manfaat yang ditimbulkan dari kebiasaan tersebut. Maka dari itu tak heran banyak orang tua selalu bilang biasakan minum susu sebelum tidur. Ternyata memang bagus sekali untuk kesehatan tubuh.

Manfaat dari minum susu sebelum tidur

Biasakan minum susu sebelum tidur, sebuah kalimat simple namun jika terapkan akan memberikan dampak baik bagi kesehatan tubuh. Banyak lho manfaat yang bisa didapatkan oleh tubuh ketika kamu melakukan kebiasaan minum susu sebelum tidur.

Apa saja itu ? Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari kebiasaan minum susu sebelum tidur.

  1. Mempermudah menaikkan berat badan
    Tak semua orang ingin menurunkan berat badan. Beberapa juga memilih untuk meningkatkan berat badan yang dimilikinya. Menariknya menaikan berat badan bisa dengan mudah dengan cara minum susu sebelum tidur.
    Adanya kandungan gula dan laktosa membuat susu menjadi lebih mudah dalam membantu untuk menaikkan berat badan.
  2. Tidur menjadi lebih nyenyak
    Jika kamu memiliki kondisi tidur tak teratur atau tak nyenyak. Maka minum susu sebelum tidur bisa berguna sekali. Adanya kandungan melatonin dan triptofan bisa membantu tidur seseorang menjadi lebih nyenyak.
    Hormone melatonin akan terlepas dari otak dan membuat orang bisa lebih mudah mengatur siklus tidur. Lalu untuk triptofan adalah sebuah asam amino yang memiliki tugas untuk pelepasan zat kimia otak atau lebih sering disebut dengan serotonin.
    Dimana sirotin sendiri berfungsi untuk mengatur mood, memberikan peningkatan relaksasi tubuh, dan mengatur siklus tidur seseorang.
  3. Membantu mengurangi makan tengah malam
    Salah satu hal yang membuat seseorang mudah bangun di malam hari adalah rasa lapar. Hal ini memang sangat wajar, sebab ketika proses tidur berlangsung. Seseorang tidak akan mendapatkan asupan energi dalam tubuhnya.
    Namun untuk bisa mendapatkan siklus tidur terbaik tanpa bangun di malam hari bisa dibantu dengan minum susu sebelum tidur. Adanya kandungan lemak dalam susu sekaligus kandungan protein membantu mengurangi rasa lapar pada waktu malam hari.
  4. Energi dalam tubuh menjadi terjaga
    Banyak yang belum tahu jika kandungan giji dari susu yang diminum pada malam hari akan disimpan oleh tubuh hingga esok hari. Tentunya hal ini juga berguna sekali untuk menjaga energi dalam tubuh tetap ada.
    Bahkan keadaan bugar juga bisa dengan mudah kamu dapatkan ketika meminum susu pada malam hari.
  5. Kesehatan tulang dan otot
    Setiap asupan makanan yang telah masuk ke dalam tubuh seharian akan diproses pada malam hari. Dimana ketika proses tersebut terjadi semua sel yang ada di dalam tubuh juga akan turut diperbaiki.
    Tak hanya itu saja ketika kamu mengkonsumsi minuman susu pada malam hari. Kesehatan tulang dan otot akan lebih terjaga. Hal ini karena adanya kandungan vitamin D pada susu yang telah dikonsumsi.

Apakah hangat atau dingin ?

Kebiasaan minum susu sebenarnya sudah lama terjadi. Bahkan setiap orang memiliki bantuk favorit dalam meminum susu. Ada yang suka minum susu dalam kondisi hangat.dan ada juga yang suka mengkonsumsi susu dalam kondisi dingin.

Sebuah penelitian menunjukkan jika konsumsi susu hangat itu lebih baik dari pada susu dingin. Bahkan untuk mendapatkan kondisi tidur terbaik bisa juga dibantu dengan konsumsi susu hangat. Namun sekali lagi jika biasakan minum susu hangat bisa dilangsungkan sesuai dengan selera peminumnya. Mau hangat maupun dingin semua memiliki perbedaaan efek masing-masing.

By Desta

Leave a Reply

Your email address will not be published.