Bisnis, kehilangan peluang pertumbuhan dan bahkan menutup pintunya setiap hari, bukan karena tidak cukup menguntungkan, tetapi karena mereka tercekik oleh arus kas yang buruk. Masalahnya adalah bahwa sementara laporan laba rugi mereka menunjukkan kesuksesan, rekening bank mereka menangis buruk. Uang yang berlebihan terikat dalam piutang yang menunggak, cek yang buruk, dan penghapusan hutang yang buruk, merampok bisnis dari arus kas yang berharga, memborgol kemampuan mereka untuk tumbuh atau bahkan bertahan dalam bisnis sama sekali.

Tidak butuh waktu lama bagi sebuah bisnis untuk terjebak dalam tren piutang yang semakin terlambat, hanya membutuhkan beberapa akun tunggakan tambahan untuk memulai prosesnya. Sebagian besar perusahaan tidak memiliki keahlian dan tenaga yang dibutuhkan untuk menangani lonjakan rekening yang menunggak. Segera, staf mereka melakukan lebih banyak pekerjaan mengejar piutang yang terlambat, dan mereka akhirnya mengabaikan rekening giro yang lebih mudah dikumpulkan dan lebih banyak. Akhirnya, semakin tinggi persentase akun menjadi tunggakan dan semakin banyak akun menjadi tidak tertagih, memaksa perusahaan untuk mempekerjakan agen penagihan mahal untuk memulihkan setidaknya sebagian dari uang mereka pada kerugian besar atau mereka menghapus hutang sepenuhnya. Hasil akhirnya adalah hilangnya profitabilitas dan tekanan serius pada arus kas.

Ada beberapa praktik akal sehat yang lebih jelas bahwa perusahaan dapat mempekerjakan karyawan untuk menjaga portofolio piutang yang sehat. Beberapa contoh termasuk:

1. Lakukan pemeriksaan riwayat kredit sebelum memberikan kredit.

2. Tetapkan dan patuhi batas kredit.

3. Tetapkan persyaratan kredit Anda secara tertulis di laporan dan faktur

4. Mewajibkan semua staf penjualan dan manajemen uang untuk mengetahui dan mengikuti kebijakan kredit.

Untuk memelihara atau memulihkan portofolio piutang yang sehat, perusahaan mungkin perlu berinvestasi pada personel tambahan atau layanan luar dengan keahlian dalam penagihan utang yang menunggak. Jika piutang perusahaan cukup besar dan mereka memiliki anggaran yang memungkinkan mereka untuk menambah penagih utang penuh waktu yang berpengalaman kepada staf mereka, mereka harus melakukan investasi pada personel tambahan. Jika perusahaan tidak mampu membelinya atau piutang tunggakan mereka tidak memerlukan perhatian penuh waktu, outsourcing akan menjadi alternatif yang lebih baik. Metode mana yang terbaik untuk Anda, pemeliharaan arus kas sangat penting untuk menjaga kesehatan keuangan perusahaan Anda. Pastikan Anda memiliki rencana yang komprehensif untuk menjaga perusahaan Anda berjalan ke arah yang benar.

Avatar

By Desta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *