Meskipun kita hidup di dunia di mana pembayaran dapat dilakukan secara elektronik, masih ada kebutuhan akan cek kertas. Mereka terus menjadi relevan karena menawarkan jejak kertas, mengurangi risiko, dan membantu memenuhi kebutuhan baik untuk individu maupun bisnis. Mereka nyaman digunakan dan memungkinkan untuk melacak semua transaksi Anda dengan baik.

Jejak kertas

Dengan kertas cek, terdapat jejak sehingga lebih mudah untuk mengetahui apa yang dibelanjakan dan di mana dicairkan. Itu bisa menjadi penting dalam hal memiliki catatan untuk memverifikasi Anda melakukan pembayaran. Salinan foto cek sebelum Anda mengirimkannya serta salinan dari bank saat Anda menerima laporan mutasi yang menunjukkan bahwa cek tersebut telah diuangkan dapat membantu Anda menyimpan catatan yang sangat baik.

Untuk sebuah bisnis, ini menunjukkan tingkat profesionalisme. Pemeriksaan kertas seringkali membutuhkan persetujuan lebih dari satu orang, jadi ada sistem check and balance di rumah untuk bisnis. Mampu mengirim cek untuk hutang dagang adalah penting agar Anda dapat membangun kredit bisnis yang baik dan tetap mengetahui arus kas Anda. Itu juga membuat rekonsiliasi buku lebih mudah.

Resiko yang Dikurangi

Penjahat bisa lolos dengan memalsukan cek, tetapi jauh lebih sulit daripada bagi mereka untuk mendapatkan informasi kartu kredit atau debit. Ketika mereka memalsukan cek, mereka sering berisiko ketahuan karena tanda tangannya, di mana mereka mencoba mencairkannya, dan terlihat di kamera video pengintai. Dengan kartu kredit atau debit Anda, mereka dapat melakukan banyak kerusakan secara online dan mereka tetap aman di balik jubah kegelapan.

Fleksibilitas

Tidak semua bisnis di luar sana siap menerima pembayaran Anda secara elektronik. Dengan cek kertas, Anda dapat membayar apa yang Anda butuhkan dan tidak perlu membawa uang tunai untuk melakukannya. Selain itu, Anda tidak dibiarkan begitu saja karena entitas tidak dapat menggunakan sumber pembayaran lain untuk menyelesaikan transaksi. Terkadang, Anda mungkin perlu menulis cek untuk membayar sesuatu, meskipun Anda tahu bahwa dana tidak akan tersedia di rekening itu selama satu atau dua hari lebih lama.

Jenis latihan seperti itu tidak dianjurkan, tetapi itu terjadi. Misalnya, Anda mungkin memiliki setoran pada hari Jumat tetapi Anda tahu bahwa itu tidak akan muncul di akun Anda hingga hari Senin berikutnya. Namun Anda memiliki tagihan yang harus dibayar atau Anda harus berbelanja bahan makanan selama akhir pekan. Dengan jenis skenario ini, Anda dapat menulis cek dan sebelum sampai ke bank Anda, dana akan tersedia.

Verifikasi

Ketika Anda membayar untuk layanan, ada baiknya untuk memiliki jejak kertas untuk digunakan kembali. Jika Anda membayar tunai, tidak ada bukti bahwa Anda benar-benar membayar layanan tersebut. Ini bisa menjadi situasi sulit jika Anda tidak berhati-hati. Misalnya, Anda mungkin perlu membayar deposit untuk menyewa aula acara atau bahkan menyewa rumah. Anda mungkin akan mengecat rumah Anda dan mereka menginginkan persentase dari dananya di muka. Menulis cek membuktikan bahwa Anda benar-benar membayar biaya tersebut jika ada masalah yang muncul. Jika cek itu dicairkan, itu bisa menjadi bukti Anda di pengadilan.

Menghemat Biaya

Jumlah uang yang ditagih saat Anda pergi ke ATM itu konyol! Mungkin hanya beberapa dolar setiap kali, tetapi berapa banyak jika ditambahkan setiap bulan atau setiap tahun? Cari penyedia akun cek tanpa biaya yang melekat untuk layanan tersebut. Anda juga dapat menghindari biaya yang lebih tinggi seperti mengirim cek kasir atau wesel ketika Anda dapat menggunakan akun Anda sendiri tanpa biaya.

Hentikan Pembayaran

Ketika Anda membayar sesuatu dengan uang tunai atau secara elektronik, tidak ada cara untuk menghentikan pembayaran itu. Anda bergantung pada belas kasihan penerima untuk mengembalikan uang itu kepada Anda, dan itu bisa menjadi masalah yang memakan waktu. Dengan cek kertas, Anda dapat menghubungi bank Anda dan membuat permintaan agar mereka menghentikan pembayarannya. Meskipun sering kali ada biaya yang berlaku untuk layanan ini, nilainya akan lebih rendah dari nilai cek itu.

Anda mungkin berniat mengizinkan cek itu dicairkan, tetapi kemudian sesuatu muncul yang benar-benar mengubah situasi. Anda dapat langsung pergi ke lembaga perbankan Anda dan menyelesaikan proses berhenti pembayaran. Ini untuk menghindari masalah mencoba menyelesaikan semuanya dengan orang yang memiliki cek itu. Kalaupun mereka coba serahkan ke bank, akan ditolak.

Catatan Pengeluaran

Mudah-mudahan, Anda memiliki anggaran yang besar untuk pengeluaran rumah tangga Anda. Namun Anda mungkin bertanya-tanya ke mana begitu banyak uang Anda pergi! Berapa banyak yang Anda habiskan untuk makan di luar atau berbelanja? Di mana Anda dapat memotong ekstra untuk menambah tabungan? Saat Anda menggunakan cek kertas, Anda dapat menyimpan catatan yang lebih baik tentang semua pengeluaran Anda. Anda akan dapat secara akurat memperhitungkan ke mana uang Anda pergi setiap bulan.

Bukti pembayaran

Jika Anda secara pribadi dihubungi bahwa Anda tidak membayar tagihan atau bisnis Anda memiliki hutang dagang yang belum dibayar, cek yang dicairkan akan dicatat di bank Anda. Mereka dapat memberi Anda salinannya untuk ditunjukkan kepada kreditor itu. Ini akan memverifikasi bahwa akun telah dibayar, kapan dicairkan, dan bahkan siapa yang menandatangani untuk mencairkannya.

Avatar

By Desta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *