Bukankah benar bahwa terkadang kita tidak tahu apa yang akan kita dapatkan dengan pekerjaan 24/7 yang disebut parenting ini? Terkadang semuanya bisa berjalan dengan baik. Dan setelah bertahun-tahun bekerja, kami menepuk punggung kami dan mengatakan bahwa kami melakukan semua hal yang benar. Namun terkadang, hal-hal tidak berjalan dengan baik. Dan setelah bertahun-tahun bekerja, kami menghantam dada kami dan berteriak menentang bahwa kami telah melakukan semua hal yang benar. Sayangnya, masukan kita sebagai orang tua tidak selalu sama dengan keluaran anak kita.

Terkadang anak-anak kita akan mengecewakan kita. Dan setelah semua upaya pengasuhan kami, kami akan bertanya-tanya apa yang kami lakukan untuk pantas mendapatkan ini. Namun, terkadang anak-anak kita akan jauh melebihi energi yang kita berikan untuk mengasuh mereka. Dan setelah upaya kami yang kurang maksimal, kami akan bertanya-tanya apa yang kami lakukan hingga pantas mendapatkan anak seperti itu. Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, tidak ada pedoman pengasuhan yang benar-benar cukup spesifik untuk kebutuhan unik keluarga individu kita. Suka atau tidak, begitulah adanya. Sulit. Faktanya, semua mengasuh anak itu sangat sulit. Dan terkadang sepertinya jalan panjang yang sulit tidak akan pernah berakhir.

Mengasuh anak itu sulit karena seharusnya sulit. Apa pun yang layak dilakukan dan dilakukan dengan baik akan sulit. Jika tidak sulit, tidak akan ada artinya, termasuk waktu yang penulis luangkan untuk kolom parenting ini. Jika mengasuh anak itu mudah, maka siapa pun bisa melakukannya, dan melakukannya dengan baik. Dan kita semua tahu bahwa tidak sembarang orang bisa menjadi orang tua dengan baik. Jadi, apa jawabannya lagi? Mengasuh anak itu sulit karena seharusnya sulit, dan itu karena upaya itu sepadan. Mengasuh anak adalah pekerjaan terpenting di dunia.

Sekarang, seperti yang selalu dikatakan oleh kakek saya, “Pergilah belajar, pimpin, dan tunjukkan jalan menuju dunia yang lebih baik bagi kita semua.” Jadi, pasang kembali helm parenting Anda dan jangan pernah lupa bahwa mengasuh itu sulit karena memang seharusnya sulit. Dan sekali lagi, para orang tua, terima kasih sebelumnya atas semua yang Anda lakukan, dan semua yang akan Anda lakukan. Semoga bermanfaat !!

Avatar

By Desta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *