Masalah tumbuh gigi bungsu gusi bengkak rasa-rasanya adalah masalah yang pasti dihadapi oleh semua orang. Sebab, gigi bungsu sebenarnya merupakan gigi geraham ketika (paling belakang), yang tumbuh paling akhir, sehingga dinamai gigi bungsu selayaknya anak bungsu alias anak terakhir. Ketika gigi bungsu tumbuh, tak sedikit orang yang mengalami ketidaknyamanan dan rasa sakit, yang bahkan bisa tak tertahankan sakitnya dan menyebabkan gusi bengkak. Kalau begitu, mengapa sampai ada orang yang mengalami masalah tersebut, ya? Jika Anda juga merasakannya, yuk coba cari tahu penyebabnya berikut ini!

Penyebab Sakit Gigi Bungsu

Secara umum, tiap-tiap orang punya 4 gigi bungsu. Tapi, ada juga yang tidak mempunyai benih gigi bungsu, sehingga gigi bungsunya tidak pernah muncul, yang disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan. Sementara itu, gigi bungsu sendiri tumbuh ketika seseorang mencapai usia 17-25 tahun. Jadi, tak heran kalau tumbuh gigi bungsu gusi bengkak dialami oleh mereka yang sudah menginjak usia dewasa.

Rasa sakit karena tumbuhnya gigi bungsu sebenarnya bukan dikarenakan oleh kerusakan gigi. Penyebabnya justru karena pertumbuhan gigi bungsu tersebut malah merobek gusi agar gigi punya tempat yang cukup pada rahang untuk tumbuh secara normal. Nah, ketika gigi bungsi merobek gusi, gigi bungsu tersebut pun tidak tumbuh lurus ke atas seperti yang seharusnya, tapi malah tumbuh miring – ke depan, ke belakang, ke samping, atau bahkan merobek bagian gusi lainnya. Kondisi tersebut dinamai impaksi gigi bungsu.

Impaksi inilah yang jadi pemicu rasa sakit saat gigi bungsu tumbuh. Di samping membuat pertumbuhan gigi di dalam gusi tidak sempurna, impaksi ini juga bisa menabrak gigi yang ada di sebelahnya. Bukan hanya itu saja, impaksi pun bisa menimbulkan nyeri gigi yang terasa ke seluruh bagian mulut beserta radang gusi. Oleh karena itu, gusi bengkak saat gigi bungsu tumbuh pun terjadi.

Cara Cegah Sakit Gigi Bungsu

Berdasarkan rangkuman informasi di atas, Anda barangkali sudah bisa simpulkan kalau pertumbuhan gigi bungsu adalah hal yang normal, alami, dan pasti dialami oleh semua orang, termasuk Anda. Meski demikian, bukan berarti Anda bisa pasrah begitu saja menunggu sampai gigi bungsu Anda menimbulkan masalah pada gigi dan gusi Anda.

Pasalnya, ada beberapa langkah perawatan gigi umum yang sebenarnya bisa Anda lakukan untuk mencegah risiko tumbuh gigi bungsu gusi bengkak, lho! Lalu, apa saja ya langkahnya?

  1. Rutin periksakan gigi ke dokter. Selama ini, seberapa sering dan rutin Anda memeriksakan gigi Anda ke dokter gigi? Seperti anjuran umum yang berlaku, Anda perlu memeriksakan gigi Anda ke dokter gigi secara rutin, minimal setiap 6 bulan sekali atau 2 kali dalam setahun. Di samping mencegah masalah gigi dan gusi pada umumnya, rutin memeriksakan gigi juga akan membantu dokter Anda memonitor perkembangan dan pertumbuhan gigi bungsu Anda begitu masuk periode tumbuhnya gigi geraham bungsu. Dalam pemeriksaan, dokter gigi Anda bisa cek apakah ada masalah atau tidak; jika diketahui ada masalah, dokter pun bisa segera memberi tindakan. Dengan begitu, masalah gigi bungsu Anda bisa terdeteksi lebih awal, yang berarti penanganannya pun lebih mudah, kan? Dan setelahnya, Anda pun tak perlu merasa tersiksa oleh rasa sakit, nyeri, maupun gusi bengkak.
  2. Terapkan praktik kebersihan gigi dan mulut. Kebiasaan sehari-hari Anda dalam merawat kebersihan gigi dan mulut juga bisa bantu cegah masalah pertumbuhan gigi geraham bungsu, lho! Misalnya sikat gigi selama 2 menit di waktu pagi setelah sarapan dan di waktu malam sebelum tidur, serta menggunakan dental floss (benang gigi) untuk membersihkan kotoran yang terselip di sela-sela gigi secara lebih tuntas.

Rutinitas-rutinitas seperti itu tak hanya bisa menjaga kesehatan dan kebersihan gigi dan mulut Anda secara umum, tapi juga saat Anda baru saja menjalani prosedur odontektomi (cabut geraham belakang untuk mencegah infeksi). Di samping itu, Anda juga bisa gunakan obat kumur sebagai terapi tambahan untuk kebersihan gigi dan mulut yang semakin optimal.

Pada akhirnya, Anda tak perlu menakuti soal pertumbuhan gigi bungsu, kok. Soalnya, peristiwa tersebut adalah hal yang alami. Yang jadi kunci pentingnya adalah bagaimana Anda selalu menjaga kebersihan gigi dan mulut untuk mencegah dan mengatasi risiko masalah gigi bungsu, seperti tumbuh gigi bungsu gusi bengkak.

Avatar

By Desta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *