Ketika berbicara tentang lantai kayu keras, saat ini ada banyak variasi kayu, hasil akhir dan warna yang tersedia di pasaran. Anda dapat kewalahan saat mencari dengan mudah lantai yang sempurna untuk rumah Anda.

Saat Anda mengevaluasi pilihan Anda, Anda harus mempertimbangkan bahan kayu apa yang membawa dalam bentuk manfaat bagi rumah Anda. Lantai kayu memang nyaman dan tahan lama, tetapi di atas segalanya, mereka menambah kehangatan dan karakter ruangan. Tidak setiap jenis kayu sama, jadi sebaiknya pertimbangkan hal-hal berikut:

Jenis kayu – umumnya ada dua jenis kayu – direkayasa dan kayu keras padat. Yang terakhir dibentuk dengan penggilingan kayu solid dan terdiri dari bagian alur dan lidah di sepanjang tepi pendek dan panjang. Tipe solid tersedia dalam pilihan yang sudah jadi dan belum selesai, papan atau strip dengan ketebalan bervariasi. Sedangkan untuk kayu keras yang direkayasa, terdiri dari beberapa lapis kayu lapis dan komposit, dengan lapisan kayu keras padat di atasnya. Perbedaan utama terletak pada komposisi lantai. Kayu solid cenderung mengembang / menyusut dengan tingkat kelembapan yang berbeda, yang berarti paling baik dipasang di lantai dasar. Di sisi lain, lantai yang direkayasa lebih stabil dan oleh karena itu dapat dipasang di semua tingkat.

Spesies kayu – lantai kayu dapat dibuat dari berbagai jenis kayu. Hal utama yang harus diperhatikan adalah daya tahan. Beberapa kayu lebih keras dan tahan terhadap keausan sehari-hari lebih baik daripada yang lain. Pohon ek merah adalah salah satu pilihan paling populer, misalnya; namun maple dan hickory lebih tahan lama. Semakin keras kayunya, semakin baik untuk dipasang di area dengan lalu lintas tinggi di rumah Anda.

Penampilan, warna butiran, dan butiran – karena jenis kayu yang digunakan untuk lantai seperti itu, Anda dapat dengan mudah memilih warna yang sesuai dengan dekorasi Anda. Misalnya, jika rumah Anda condong ke arah gaya pedesaan, lantai papan lebar dan biji-bijian yang tegas dengan tampilan tertekan mungkin merupakan pilihan terbaik. Untuk pengaturan kontemporer, Anda bisa menggunakan kayu apa saja, berdasarkan noda dan hasil akhir. Lapisan kapur, timah, dan arang berpotensi mengubah spesies kayu menjadi mahakarya yang hebat.

Finishing – finishing memainkan peran kunci dalam seperti apa lantai itu. Anda akan menemukan bahwa spesies kayu yang sama tampak sangat berbeda dengan kilap bening dan lapisan sikat kawat. Efeknya disebabkan oleh perbedaan tingkat kilap dan teknik yang digunakan. Ingatlah bahwa lantai kayu keras bisa jadi sudah jadi atau belum selesai. Yang pertama memiliki hasil akhir yang diterapkan di lingkungan pabrik yang terkendali, sementara lantai yang belum selesai dilakukan di lokasi.

Pemasangan – semua jenis kayu keras dipasang dengan memaku, merekatkan atau menjepit papan ke subfloor. Meskipun benar, Anda dapat melakukan ini sendiri; yang terbaik adalah mempertimbangkan bantuan profesional, untuk meminimalkan risiko kesalahan. Semoga bermanfaat dalam menentukan lantai untuk rumah Anda.

Avatar

By Desta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *