Sambungan atau fitting pipa merupakan pelengkap yang perlu dipertimbangkan saat membeli dari tempat jual fitting. Ya, saat memasang pipa, Anda membutuhkan fitting untuk menciptakan sistem pengairan yang dibutuhkan. Pasalnya, sebagian besar bentuk pipa hanya berbentuk panjang serta lurus. Tanpa fitting, instalasi akan sulit dilakukan karena pipa tak bisa mengikuti bentuk bangunan.

Maka dari itu, pertimbangkan jumlah pipa beserta sambungan yang akan digunakan. Lalu, seperti apa karakteristik fitting pipa yang sebaiknya Anda pilih?

Fitting atau sambungan dalam instalasi pipa

Sebagian besar toko pipa menyertakan fitting atau sambungan untuk memudahkan konsumen menemukan pelengkap yang tepat. Harga fitting pipa pun bervariasi, ditentukan berdasarkan jenis hingga brand yang memproduksinya. Adapun beberapa tipe fitting yang umum digunakan dalam instalasi, antara lain elbow (pembelok arah aliran), tee (membagi aliran), dan (reducer) membagi aliran fluida dengan menggabungkan pipa.

Dalam instalasi yang sederhana, jumlah dan jenis fitting yang dipakai biasanya tak terlalu banyak. Namun, saat mengurus pemasangan skala besar, Anda biasanya harus membuat rancangan dulu untuk memastikan jumlah serta jenis fitting yang diperlukan. Anda bisa mendiskusikannya bersama penyedia sambungan untuk memperoleh produk yang menunjang instalasi tersebut.

Pemasangan fitting umumnya dilakukan dalam tahap akhir, sehingga sering disebut juga sebagai outlet fitting. Kendati begitu, Anda tetap harus memperhatikan kualitasnya sejak mengunjungi agen jual fitting supaya proses instalasi berjalan lancar dari awal hingga akhir.

Kriteria fitting atau sambungan pipa yang layak dibeli

Mengetahui jenis fitting saja belum cukup membantu Anda menemukan sambungan yang tepat. Masih ada sejumlah kriteria yang perlu diperhatikan, antara lain:

  • Terbikin dari material yang isolator
    Seperti pipa, fitting juga akan dilewati macam-macam aliran atau fluida. Jadi, material yang digunakan untuk membuat fitting harus sama dengan pipa, yakni bersifat isolator (mampu menyekat panas maupun aliran listrik). Dengan begitu, rangkaian pipa dapat membantu pengaliran tanpa gangguan panas maupun listrik.
  • Mampu menahan asam dan basa
    Harga fitting pipa yang mampu menahan asam dan basa mungkin relatif lebih mahal, tetapi akan memberikan manfaat jangka panjang. Jenis sambungan ini biasanya digunakan untuk instalasi pipa pembuangan limbah yang terkontaminasi bahan-bahan berbahaya. Jika memakai sambungan biasa, dikhawatirkan pembuangan malah mencemari lingkungan akibat bocornya limbah.
  • Tahan akan paparan sinar UV
    Apakah instalasi pipa akan dipasang di luar bangunan? Dalam hal ini, sambungan atau fitting yang digunakan harus tahan akan paparan sinar UV. Permukaan pipa yang terkena sinar matahari dalam jangka waktu lama biasanya akan pecah-pecah atau retak, terutama kalau materialnya kurang bagus. Jadi carilah yang tak mudah rusak saat ditempatkan di luar ruangan saat membeli di agen jual fitting.
  • Dapat didaur ulang
    Untuk mendukung kampanye ramah lingkungan, sejumlah produsen mengeluarkan fitting yang bisa didaur ulang. Pasalnya, beberapa pipa bekas yang dibuang malah menambah volume sampah plastik yang membuat pencemaran semakin parah. Sementara fitting pipa ramah lingkungan memungkinkan pengguna memakainya sebagai produk baru saat tak berfungsi lagi untuk rangkaian pipa.

Membandingkan kriteria dengan harga yang ditawarkan sekilas merepotkan, tetapi tak akan merugikan karena hasilnya Anda mendapatkan sambungan pipa yang diinginkan. Memilih penyedia atau distributor yang terpercaya pun membantu Anda menemukan produk berkualitas dengan harga fitting pipa yang bersaing di pasaran.

Selamat mencari fitting pipa yang Anda butuhkan!

Avatar

By Desta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *