Anda terlibat dengan fotografi potret wajah dan ingin memotret dalam hitam putih. Untuk dapat mengambil foto Anda ke level yang lebih tinggi, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang fotografi potret hitam putih. Setelah membaca tips dalam artikel ini, Anda mengetahui cara membuat foto hitam putih yang mencolok dengan kontras yang sempurna.

  • Tips 1: Foto pertama berwarna

Sebagian besar kamera memiliki dudukan monokrom untuk mengambil foto hitam putih. Tip penting: jangan gunakan mode ini. Kamera Anda memilih konversi hitam-putih standar dalam mode ini. Hal ini tidak selalu memberikan hasil yang optimal. Jika Anda memotret dalam warna, nanti Anda menyesuaikan proporsi hitam putih sesuai keinginan dalam program pengeditan. Ini memberi Anda lebih banyak kendali atas hasil akhir foto hitam putih Anda.

  • Tips 2: Memotret dalam RAW

Untuk menentukan sendiri rasio hitam-putih setelahnya, Anda harus memotret dalam RAW. Secara umum, RAW lebih pintar dari format JPEG standar. File RAW menyimpan lebih banyak informasi tentang foto. Dengan cara ini, Anda mendapatkan cahaya kembali ke bagian yang kurang terang dalam program pengeditan. Selain itu, Anda mendapatkan warna kembali pada gambar Anda dalam RAW jika Anda tetap memotret dalam mode monokrom. Dengan cara ini, Anda meningkatkan kontras hitam dan putih dengan cara yang lebih alami.

  • Tips 3: Cari kontras yang kuat

Potret hitam-putih berputar di sekitar kontras antara hitam dan putih. Untuk mendapatkan hasil yang bagus, Anda harus memastikan bahwa ada kontras yang memadai dalam bingkai yang Anda gunakan untuk memotret. Misalnya, gunakan latar belakang gelap pada orang dengan rambut pirang dan kulit putih untuk meningkatkan kontras antara terang dan gelap. Apakah Anda bekerja dengan latar belakang terang. Kemudian pastikan modelnya berpakaian dalam gelap.

  • Tips 4: Gunakan eksposur yang benar

Wajah adalah bagian yang ingin Anda tekankan dan diterangi dengan baik dalam foto potret hitam-putih. Yang membuat foto hitam putih lebih menarik adalah permainan bayangan. Jatuhkan bayangan di satu sisi wajah dan hanya menerangi sisi lainnya. Jika Anda mengambil foto di dalam ruangan, gunakan cahaya alami melalui jendela. Dengan cahaya lembut ini, Anda menciptakan suasana khusus di foto Anda. Efek ini juga dapat diperoleh dengan pencahayaan studio yang disesuaikan dengan baik. Jika Anda berada di luar, gunakan cahaya matahari.

  • Tips 5: Jangan menunggu hari yang cerah

Salah satu keuntungan besar fotografi hitam putih adalah Anda tidak perlu hari yang cerah untuk mengambil foto potret yang bagus. Hari hujan juga bisa sangat cocok. Cahaya pada hari-hari ini lemah, memberikan tampilan yang lembut pada foto hitam putih Anda. Dengan cara ini, struktur menjadi lebih baik dalam satu sisi. Apakah Anda masih menemukan foto yang terlalu gelap? Kemudian sesuaikan eksposur dan kontras dalam pasca-pemrosesan.

Semoga dengan beberapa saran diatas dapat menjadikan pelajaran berharga, kedepannya dunia fotografi dapat menghasilkan foto fenomenal.

Avatar

By Desta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *