Meningkatnya kebutuhan tempat tinggal telah mendorong masyarakat untuk mencari opsi alternatif rumah petak. Terutama mereka yang punya bujet terbatas, tetapi tinggal di kawasan urban. Melihat peluang tersebut, para pemilik unit apartemen berlomba-lomba menawarkan properti mereka dengan harga bersaing. Cara mudah memasarkan apartemen pun diterapkan demi menjaring pembeli.

Praktisi properti sekaligus manager marketing apartemen Widodo menjelaskan ada lima hal yang sebaiknya Anda perhatikan saat mengaplikasikan strategi pemasaran, antara lain:

  1. Awareness keberadaan apartemen
    Mengoptimalkan kesadaran atau awareness seputar apartemen harus Anda lakukan dengan tepat. Mengenal target pasar adalah langkah awal yang akan memudahkan pemilik unit untuk merancang strategi pemasaran. Selain itu, harga juga membedakan cara memperkenalkan apartemen pada pasar.
    Sebagai contoh, unit apartemen dengan harga Rp1 miliar biasanya ditujukan untuk calon penghuni kalangan atas. Di sini, Anda harus riset perilaku mereka, baik dalam kehidupan dan pekerjaan, untuk disesuaikan dengan apartemen. Jadi pengenalan pun tak akan kena risiko salah sasaran.
  2. Selenggarakan kegiatan-kegiatan pemasaran
    Walaupun media sosial sangat membantu cara mudah memasarkan apartemen, faktanya beberapa calon pembeli masih mengandalkan teknik konvensional alias penjualan langsung. Oleh karena itu, Anda jangan sampai abaikan kegiatan pemasaran seperti memasang billboard atau mengikuti pameran.
    Mengapa? Kegiatan pemasaran bersifat offline memungkinkan mereka melakukan negosiasi hingga melihat fasilitas dan layanan dari pemilik unit apartemen. Bukan tidak mungkin calon pembeli bersedia mengambil properti Anda dalam satu atau dua kali pertemuan.
  3. Dampingi dengan pemakaian media digital
    Di sisi lain, bukan berarti Anda mengabaikan kekuatan media digital. Dengan pengguna internet mencapai lebih dari 140 juta orang, mengaplikasikan cara mudah memasarkan apartemen dapat memberikan hasil maksimal tanpa perlu mengeluarkan bujet besar.
    Akan tetapi, Anda harus cermat memilih platform berjualan. Bagi pemula, Facebook dan Instagram memegang potensi yang bagus untuk mendapatkan konsumen menjanjikan. Untuk cara yang kekinian, Anda bisa gunakan video singkat yang diunggah ke TikTok.
  4. Optimalkan performa pemasaran lewat pelatihan
    Anda sudah punya tim khusus untuk memasarkan apartemen? Sebelum menerjunkan mereka ke pasar, berikan pelatihan terlebih dahulu agar performanya meyakinkan di mata calon pembeli. Mereka pun akan lebih lancar menerapkan cara mudah memasarkan apartemen tanpa tergantung pada Anda.
    Jenis pelatihan yang diberikan tak perlu berat. Fokuskan pada pengenalan produk, dalam hal ini unit apartemen yang hendak dijual, dan motivasi dalam memasarkannya. Awasi beberapa saat untuk menilai kemampuan mereka sebelum membiarkan mereka melakukan penjualan mandiri.
  5. Siapkan media release untuk portal online maupun offline
    Satu hal lagi yang akan membantu Anda memasarkan apartemen adalah menyiapkan media release. Pemberitaan yang baik akan menciptakan reputasi yang bagus pula. Orang-orang yang membacanya pun bakal dibuat penasaran dan terus mempelajari unit apartemen Anda.
    Media atau press release yang Anda kirimkan ke portal berita online maupun offline tak perlu terlalu panjang. Cukup ungkap ketersediaan unit apartemen beserta layanan, fasilitas, dan keunggulan yang hanya penghuni dapatkan di sana.

Dengan menyimak lima hal di atas, Anda diharapkan lebih siap menyiapkan dan mempraktikan cara mudah memasarkan apartemen. Tak hanya konsisten menyebarkan promosi, Anda juga harus mengikuti kabar-kabar terbaru seputar dunia properti. Jangan lupakan juga cara transaksi dan serah terima yang akan dihadapi calon pembeli, karena hal tersebut mempengaruhi kepuasan mereka.

By Desta

Leave a Reply

Your email address will not be published.