Perangkat robotik otonom atau semi-otonom semakin banyak digunakan di dalam rumah konsumen dan perusahaan komersial. Perangkat tersebut dapat mencakup robot vakum, mesin pemotong rumput, pel, atau perangkat serupa lainnya untuk bekerja secara mandiri atau dengan input minimal. Perangkat robotik ini dapat secara mandiri membuat peta lingkungan, kemudian menggunakan peta untuk navigasi, dan kemudian menyusun rencana jalur cerdas dan rencana tugas untuk navigasi yang efisien dan penyelesaian tugas.

Penggunaan praktis dari hambatan yang mengenali robot bergerak dapat diterapkan pada eksplorasi ilmiah serta penyelamatan darurat. Mungkin ada lokasi yang berbahaya bagi manusia atau bahkan mungkin manusia tidak dapat mendekati lokasi ini secara langsung. Dalam situasi yang menantang ini, robot diharuskan mengumpulkan informasi tentang lingkungannya untuk menghindari rintangan. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang kunci dan elemen kritis dari robot seluler, baca terus.

Aspek-aspek penting dari proses di mana pengenalan hambatan dilakukan dalam robot seluler otonom adalah sebagai berikut.

  • Menangkap Gambar Ruang Kerja dengan Sensor Gambar: Dalam skenario praktis, sensor gambar dipasang pada robot. Sensor mendeteksi dan menyampaikan informasi untuk membuat gambar, dengan mengubah redaman gelombang cahaya yang berbeda saat melewati atau memantulkan objek. Robot bergerak di berbagai lokasi di ruang kerja dan menangkap gambar.
  • Memperoleh Gambar: Gambar yang diambil kemudian diterima di bagian akhir pengoperasian oleh prosesor di perangkat robotik atau melalui perangkat lunak berbasis cloud untuk proses selanjutnya.
  • Membandingkan Gambar: Gambar yang diambil yang diperoleh prosesor perangkat kemudian dibandingkan dengan kamus objek. Ini memberi prosesor standar untuk membandingkan gambar. Kamus objek biasanya berisi database dari semua objek yang mungkin ditemukan oleh perangkat robotik.
  • Mengidentifikasi Gambar: Gambar yang diperoleh setelah dibandingkan dengan kamus objek kemudian diklasifikasikan ke dalam kumpulan objek tertentu yang dimilikinya. Bagian dari proses ini memainkan peran penting dalam menjalankan langkah proses selanjutnya.
  • Instruksi: Setelah gambar diidentifikasi dengan membandingkannya dengan kamus objek, prosesor perangkat kemudian menginstruksikan robot untuk bertindak dan mengeksekusi sesuai dengan objek yang diidentifikasi.

Selain itu, ada sejumlah modifikasi yang dapat dilakukan dalam situasi praktis dengan menggunakan proses yang disebutkan di atas. Penggunaan berbagai sensor, seperti sensor benturan, sensor infra merah, dan sensor ultrasonik membantu mencapai serangkaian hasil tertentu yang diinginkan.

Fitur pengenalan rintangan berfungsi sebagai keuntungan utama untuk robot seluler. Rangkaian sensor kompleks yang digunakan robot seluler untuk mendeteksi lingkungannya memungkinkan mereka mengamati lingkungan secara akurat dalam waktu nyata. Ini sangat berharga terutama dalam pengaturan industri yang terus berubah dan bergeser.

The Takeaway

Dengan meningkatnya penggunaan robot otonom di tingkat konsumen dan komersial, penting untuk mengetahui tentang proses utama yang digunakan perangkat ini berfungsi. Pengenalan rintangan pada robot dilakukan dalam 5 langkah utama: menangkap gambar, memperoleh gambar, membandingkan, mengidentifikasi, dan menginstruksikan untuk melaksanakannya. Selain itu, penggunaan sensor variabel memungkinkan perangkat untuk melakukan tugas-tugas lanjutan juga.

Avatar

By Desta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *